-->

Bullet Journal untuk Pelajar Cocok Bagi yang Punya Banyak Tugas

Bullet journal untuk pelajar sangat cocok bagi kamu yang punya banyak tugas. Ketika satu tugas sekolah tidak selesai, tugas-tugas yang lain jadi menumpuk sehingga bisa bikin kamu kewalahan.


Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat bullet journal untuk pelajar agar kamu tidak kewalahan menghadapi semua tugas sekolah yang diberikan oleh guru di sekolah.

Apa Itu Bullet Journal untuk Pelajar?

bullet journal untuk pelajar
Foto oleh Polina Kovaleva dari Pexels

Secara umum, bullet journal adalah salah satu metode manajemen waktu dan energi untuk mencapai produktivitas. Orang yang menggunakan bullet journal disebut sebagai Bullet Journalist.


Lantas, apa keuntungan kamu memakai bullet journal untuk pelajar?


Keuntungan yang diperoleh dari menulis bullet journal adalah kamu dapat meminimalisir terjadinya kewalahan (overwhelming) akibat dari kurangnya manajemen pada diri kita sendiri.


Sebagai pelajar, tentu menyelesaikan tugas yang diberikan guru merupakan kewajiban yang harus dipenuhi selama sekolah. Oleh karena itu, kamu bisa mencatat setiap hal yang harus dikerjakan dengan tertata rapi. Selain itu, kamu juga bisa mengisi bullet journal dengan hal yang kamu rasakan saat itu.

Cara Membuat Bullet Journal untuk Pelajar

Berikut adalah cara membuat bullet journal untuk kamu yang masih pelajar:

1. Awali dengan Niat

Fungsi bullet journal adalah untuk membuat kita lebih produktif. Adapun orang yang punya niat awal cuma untuk “keren-kerenan”, maka lambat laun mereka akan cepat merasa bosan.


Pencetus metode bullet journal, Ryder Carroll dalam bukunya yang berjudul “The Bullet Journal Method” menjelaskan bahwa sebelum memutuskan menggunakan bullet journal, kita harus menentukan alasannya terlebih dahulu. Jangan sampai orang menggunakan bullet journal hanya karena ikut-ikutan dengan orang lain yang ada di video-video Youtube atau media-media lainnya.


Oleh karena itu, kamu harus tanamkan komitmen dalam diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan bullet journal, diharapkan kamu bisa menjadi sosok yang bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

2. Siapkan Alat dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

peralatan bullet journal
Foto oleh Miesha Maiden dari Pexels

Setelah menentukan niat, kamu bisa mulai dengan menyiapkan beberapa alat dan perlengkapan yang dibutuhkan. Kamu bisa menggunakan alat dan perlengkapan di bawah ini dalam membuat bullet journal untuk pelajar:


  • Notebook
  • Pulpen
  • Pelengkap lainnya


Kamu hanya perlu menyiapkan alat tulis di atas untuk membuat bullet journal. Namun, jika kamu ingin membuat bullet journal lebih cantik, bisa juga menggunakan perlengkapan pendukung lainnya seperti spidol warna, stabilo atau highlighter, maupun stiker-stiker lucu.

3. Tulis Simbol Bullet Journal (Bullet Journal Key Logging)

Metode bullet journal merupakan gabungan dari sistem journaling, to do list, dan planner. Oleh karena itu, kamu harus memahami terlebih dahulu simbol-simbol yang biasa digunakan dalam membuat bullet journal untuk pelajar.

simbol bullet journal
simbol bullet bulllet journal (bullet journal key logging)


Setiap bullet memiliki maksud tertentu. Makanya dikatakan bullet journal karena sistem pencatatannya menggunakan key bullet journal. Silakan tulis simbol bullet journal di atas pada halaman paling depan buku bullet journal kamu.

4. Tulis Bagian Indeks Bullet Journal

indeks bullet journal untuk pelajar
Foto oleh Nothing Ahead dari Pexels

Indeks dalam bullet journal untuk pelajar berfungsi mencatat setiap collection dan nomor halaman yang terkait. Collection bullet journal adalah hal apa saja yang akan kamu tulis di bullet journal.


Misal, kamu ingin mencantumkan daftar tugas sekolah. Maka halaman yang berisi tentang daftar tugas sekolah disebut sebagai collection.


Dengan kata lain, indeks bullet journal sering disebut daftar isi. Bagaimana, sudah paham?

5. Cantumkan Goal atau Tujuan yang Ingin Dicapai

Untuk meningkatkan produktivitas kamu sebagai pelajar, tentu sangat perlu mencantumkan goal atau tujuan. Menentukan tujuan penting dilakukan agar kamu punya target yang jelas terhadap kehidupan sehari-sehari.


Tentukan goal yang jelas dan dapat diukur. Maksudnya, penentuan goal harus dapat dibayangkan dengan jelas di kepala, akan seperti apa jika goal itu telah tercapai.


Misal, kamu ingin mendapat peringkat 1 di kelas atau mendapat beasiswa ke luar negeri saat kuliah. Maka, tulislah goal tersebut ke dalam bullet journal. Tujuan atau goal tidak harus hanya satu, kamu bisa menulis beberapa goal sesuai kesanggupan.

6. Buat Future Log Bullet Journal

future log bullet journal
Foto oleh Nataliya Vaitkevich dari Pexels

Future log adalah salah satu collection yang wajib dicantumkan di bullet journal kamu. Fungsi future log adalah untuk merencanakan tugas atau kegiatan dalam satu tahun atau dua semester ke depan.


Isi future log dalam bullet journal untuk pelajar dengan deadline atau tenggat waktu pelaksanaan kegiatan atau tugas proyek selama satu sampai dua semester. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui dengan jelas hal-hal yang harus dikerjakan pada waktu tertentu.


Misal, pada akhir semester kamu ada tugas proyek bersama teman kelompok. Tulis di future log dengan tugas proyek tersebut. Sehingga kamu tidak akan lupa kalau ada tugas pada akhir semester.

7. Buat Roster Mata Pelajaran

Namanya juga bullet journal untuk pelajar, tentu roster mata pelajaran sangat penting dimasukkan ke dalam bullet journal. Isi bullet journal kamu dengan roster mata pelajaran pada halaman berikutnya. Siapkan dua halaman atau lebih agar dapat menambahkan roster mata pelajaran baru.

8. Buat Daftar Tugas Sekolah

Buat kamu yang punya banyak tugas sekolah, coba cara ini di dalam bullet journal. Kamu bisa mencantumkan tugas sekolah SMP jika kamu siswa SMP, atau silakan buat tugas sekolah bahasa Inggris jika kamu punya tugas bahasa Inggris.


Di sinilah letak bullet journal bekerja. Jika kamu rutin mencatat tugas maupun kegiatan di dalam bullet journal, maka kamu akan merasa lega karena tidak perlu capek-capek mengingat semua tugas sekolah.

9. Buat Target Belajar

Halaman target belajar berfungsi sebagai pemantau aktivitas belajar. Jika kamu sedang melaksanakan pembelajaran daring, kamu bisa buat target belajar online. Atau kalau kamu siswa SMK, buatlah target belajar siswa SMK.


Dengan membuat target belajar, kamu akan lebih siap menghadapi ujian sekolah atau menghadapi ulangan harian. Sehingga kemungkinan besar goal yang telah kamu tetapkan dapat tercapai dengan baik.


Baca juga
: Metode Belajar Ini Bisa Bantu Kamu Atasi Kesulitan Memahami Materi Pelajaran

10. Buat Monthly Log Bullet Journal

monthly log bullet journal
Foto oleh Bich Tran dari Pexels

Monthly log berfungsi untuk mencatat tenggat waktu atau kegiatan tertentu pada bulan tertentu. Sama seperti future log, monthly log berisi semua deadline tugas atau kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu bulan.


Pindahkan tugas atau kegiatan yang terdapat pada future log ke halaman monthly log. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih fokus pada satu bulan tertentu. Tambahkan tugas atau kegiatan lain jika masih ada.

11. Rapid Logging Bullet Journal

mengisi rapid logging
Foto oleh Bich Tran dari Pexels2

Pada bagian ini, kamu bisa mengisi rapid logging dengan semua kegiatan atau tugas sekolah yang akan dikerjakan secara harian. Di sini kamu akan menulis rapid logging setiap hari.


Kamu bisa memindahkan tugas atau kegiatan yang terdapat pada monthly log. Kamu akan diberikan kesempatan untuk fokus mengerjakan hal-hal selama satu hari. Ingat kembali simbol bullet journal atau notasi yang telah disampaikan sebelumnya.

12. Hiasi Bullet Journal (Jika Perlu)

Kamu bisa menghias bullet journal dengan berbagai dekorasi yang enak dipandang mata. Dengan begitu, kamu akan lebih betah menulis bullet journal setiap hari.


Namun, menghias bullet journal adalah hal yang opsional. Kamu bisa menulis di bullet journal dengan tampilan yang terlihat saat ini. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memenuhi setiap lembar bullet journal dengan berbagai dekorasi. 


Jika kamu tetap mau menghiasnya, tidak mengapa. Itu adalah hak kamu menentukan isi dan hiasan pada bullet journal.


Penutup

Dengan rutin mengisi bullet journal, kamu tidak akan punya masalah lagi terkait tugas sekolah yang menumpuk. Namun, perlu diingat bahwa mengisi bullet journal berarti kamu harus menepati janji yang sudah ditulis di bagian rapid logging dan bagian-bagian lainnya.


Demikian cara membuat bullet journal untuk pelajar. Intinya, kamu harus konsisten melakukan sesuatu yang sudah diniatkan. Jadilah pelajar yang berbeda dari yang lain. Tetap semangat dan jangan menyerah.


Oh iya, jika kamu seorang mahasiswa, tidak ada salahnya membaca juga artikel ini. Silakan sesuaikan konten yang diperlukan dengan bullet journal yang akan dibuat.

LihatTutupKomentar