-->

Permainan yang Dapat Melatih Otak Agar Tidak Cepat Pikun

Melatih otak agar tidak pikun via meningkatkandayaingat.org
Otak merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai pengontrol (pemberi perintah) organ yang lainnya. Selain itu, otak juga berfungsi sebagai penyimpan memori (ingatan) manusia sehingga informasi tidak mudah lepas begitu saja.

Masalah yang sering kita dapati adalah sukarnya otak untuk menyimpan informasi. Hal tersebut biasa disebut sebagai kepikunan. Kepikunan tidak hanya melanda orang yang telah lanjut usia, tetapi juga melanda orang yang masih muda. Jika kita mulai pikun maka otak sudah tidak berjalan dengan normal lagi.

  Salah satu cara melatih otak adalah dengan melakukan permainan yang dapat merangsang daya ingat otak. Di bawah ini akan dibahas beberapa jenis permainan yang membuatmu tidak cepat pikun.

1.       Teka-Teki Silang (TTS)
Permainan ini adalah salah satu permainan yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Selain melatih jumlah pembendaharaan kosakatamu,  juga dapat melatih daya ingat agar kamu tidak cepat pikun. TTS biasanya terbit di beberapa koran seperti koran Kompas. Kamu juga bisa mengunjungi website yang menyediakan permainan sudoku secara daring/online.

2.       Sudoku
Selain permainan di atas, ada juga permainan yang mampu membuat daya ingatmu bertambah. Sudoku adalah permainan yang terdiri atas kumpulan angka-angka dan kemudian diisi pada kotak yang kosong. Bagaimana cara kerja sudoku agar dapat melatih daya ingat? Biasanya dalam permainan sudoku diharuskan mengingat angka yang akan diisi pada suatu kotak (dalam sudoku disebut sel). Nah, di situlah letak proses pelatihan daya ingat seseorang. Permainan ini sudah berada di beberapa HP. Coba cek HP kamu, ada sudokunya?

3.       Maze/Labirin
Permainan yang satu ini tidak kalah seru dengan dua permainan di atas. Permainan labirin dapat melatih daya ingat dengan mengingat setiap jalur yang dilewati sehingga tidak mudah tersesat atau menemui jalan buntu. Permainan ini bisa didapatkan di situs-situs internet yang menyediakan permainan tersebut.

4.       Soal-Soal TPA (Tes Potensi Akademik)
Jika kamu pernah mengikuti semacam tes seleksi Perguruan Tinggi, pasti kamu sudah ketemu dengan soal TPA. Apa hubungannya dengan melatih daya ingat? Dengan mengerjakan soal-soal TPA, akan menambah daya ingat otakmu. Di dalam soal tersebut terdapat bermacam-macam jenis soal seperti urutan kata, logika, maupun soal bergambar. Tidak usah jauh-jauh kalau mau dapat soal TPA, karena sudah tersedia di internet dan siap download.


Itulah beberapa ulasan mengenai beberapa jenis permainan yang dapat membuat kamu tidak cepat pikun. Mudah-mudahan bermanfaat. Saya harap, setelah membaca artikel di atas, segera langsung aplikasikan. 
LihatTutupKomentar