Permainan yang Dipercaya Menghilangkan Stres

Posting Komentar
Sumber ilustrasi: Pexels.com
Selain tips di blog yang berjudul Kiat Mengatasi Stres, ada juga permainan yang dipercaya mampu menghilangkan stres. Dengan memainkan sebuah permainan, kita akan merasa lebih fresh dari sebelumnya. Selain itu, permainan juga dapat dijadikan ajang untuk bersenang-senang dan sarana untuk berkumpul bareng teman. Tapi ada juga permainan yang hanya satu orang saja. Masing-masing permainan punya keseruan masing-masing.
Jenis permainan bermacam-macam. Ada yang bergenre aksi, petualangan, balapan, fashion, dll. Dari beberapa jenis permainan tersebut, ada yang bermanfaat bagi otak, ada pula yang hanya berfungsi sebagai penghibur. Berdasarkan penggunaannya, permainan ada yang dimainkan secara
konvensional, ada pula yang dimainkan secara online atau lewat PC/HP.
Beberapa jenis permainan ada yang dipercaya oleh masyarakat sebagai penghilang stres. Penggunanya mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tak bisa dimungkiri bahwa permainan adalah layaknya penghibur dan pelepas lara. Dari permainan tersebut akan mampu menghilangkan stres, baik yang ringan maupun berat.
Alasan masyarakat memilih untuk bermain game bervariasi. Ada yang alasannya untuk menemani kekosongan, penghibur karena ada masalah, dan mengeluarkan semua kesedihan akiba diputuskan pacar (yaelah ini lagi. Hhhh). Selain alasan di atas, di bawah ini akan dipaparkan berbagai alasan bermain game dapat menghilangkan stres.
1.      Memiliki keseruan tersendiri
Ada yang berpendapat bahwa bermain game terdapat nilai keseruan yang tidak ada bandingannya dengan yang lain. Dengan bermain game, mereka akan lebih mudah untuk berpikir jernih walaupun dilanda masalah. Contoh game Clash of Clans (COC). Permainan tersebut sangat diminati oleh seluruh kalangan masyarakat. Bahkan ada yang mengadakan kompetisi untuk memenangkan juara.
2.      Bisa mendapatkan penghasilan
Kadangkala ada orang yang stres akibat keuangan yang begitu tipis. Oleh karena itu, dengan bermain game, mereka bisa meraup penghasilan hanya dengan duduk manis dan minum teh serta memainkan game. Contoh game COC, orang biasa menjual atribut gamenya, seperti gems, diamonds, coin, dll.
3.      Sarana untuk mengasah otak
Hal ini sangat berkaitan dengan pembahasan sebelumnya. Beberapa jenis permainan ada yang berupa kuis asah otak seperti “Tebak Gambar”. Ada pula yang menyediakan permainan tes IQ sehingga ptak lebih mudah terasah dan stres pun dapat teratasi. Namun sayang, hanya segelintir orang yang menggemari jenis permainan tersebut.
4.      Peredam marah
Marah adalah salah satu pemicu stres. Tidak bisa dimungkiri bahwa marah membuat saraf dan otot-otot menegang sehingga bisa menimbulkan stres. Nah, dengan bermain game, mereka akan mampu meredam rasa marahnya. Permainan berfungsi sebagai sarana refreshing otak. Jadi dengan bermain game, stres pun dapat teratasi.
5.      Sarana untuk berteman
Selain Facebook, ternyata bermain game juga bisa diterapkan untuk mencari teman. Melalui akun yang dihubungkan dengan aplikasi game, mereke bisa berkoneksi dengan akun lain sehingga terciptalah pertemanan abadi (lebay amat hehe). Hal ini juga bisa meredam stres karena terkait dengan tips yang keempat dalam bahasan sebelumnya.
Selanjutnya, beberapa permainan sangat digemari oleh masyarakat. Terkait dengan hal tersebut, mereka juga percaya bahwa permainan/game mampu menghilangkan stres. Di bawah ini adalah beberapa permainan yang diyakini bisa menghilangkan stres.
1.      Ludo (versi online mobile)
Tidak bisa dimungkiri, permainan berikut adalah yang paling populer belakangan ini. Berbagai kalangan pun mulai berbondong-bondong memainkan permainan tersebut. Mereka bilang bahwa permainan Ludo bisa menghilangkan stres karena selain seru juga bisa berteman di seluruh dunia. Selain itu, permainan Ludo juga melatih kesabaran sehingga daya konsentrasi meningkat.
2.      Clash of Clans (COC)
Siapa yang tidak mengenal permainan tersebut? Yup, COC adalah permainan yang paling banyak diminati. Ada yang berkata, permainan COC bisa mengasah otak kita dalam mengatur strategi sehingga tingkat stres bisa diminimalisir. Permainan ini juga bisa membuat kita menjadi banyak teman bahkan hingga ke seluruh dunia. Kini berbagai akun COC ada yang diperjualbelikan sehingga mampu menjadi sumber penghasilan.
3.      Let’s Get Rich (Get Rich)
Pada umumnya, permainan ini lebih mirip dengan permainan monopoli. Namun perbedaannya terletak dari segi tampilan dan cara memainkannya. Permainan tersebut berasal dari dari perusahaan Line Corp.
Get Rich dipercaya mampu menghilangkan stres karena permainan tersebut mengandalkan daya konsentrasi dan taktik dalam memainkannya. Alhasil, otak akan bekerja optimal dan terbebas dari stres.
4.      Catur (versi konvensional dan modern)
Dalam permainna catur dikenal sebutan Skak Match dan Check Match. Untuk mencapainya, dibutuhkan konsentrasi agar tidak salah melangkahkan pion atau lainnya. Sehingga otak akan terbebas dari serangan stres. Permainan catur ada yang dimainkan secara manual (menggunakan papan catur), ada pula yang dimainkan via ponsel maupun PC (Personal Computer). Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan catur konvensional adalah kita lebih bermain secara hidup dan terkesan ramai. Namun kekurangannya apabila tidak punya teman bermain, permainan catur akan sia-sia. Begitu pula sebalikny dalam via ponsel/PC.
5.      Snake Xensia
Bagi yang pernah atau sedang memiliki HP Nokia, pasti sudah ada yang pernah memainkannya. Permainan tersebut adalah game yang mengandalkan ular sebagai objeknya. Snake Xensia tidak kalah seru dengan permainan masa kini. Permainan ini mampu melatih daya motorik khususnya tangan dalam mengontrol ular dalam permainan tersebut agar tidak menabrak tubuhnya sendiri atau tembok. Permainan tersebut membuat otot tidak terlalu tegang sehingga dapat menghilangkan stres.
6.      Retro
Permainan tersebut dulunya populer. Retro adalah salah satu permainan yang dimainkan dengan menggerakkan puzle (blok) agar bisa memenuhi ruang. Permainan ini dipercaya mampu meredam stres karena dapat melatih motorik tangan agar tidak tegang. Selain itu, juga mampu melatih konsentrasi sebagaima permainan yang lainnya.

Peringatan bagi kamu yang keseringan main game!
Meskipun permainan di atas dipercaya mampu menghilangkan stres, sebaiknya dibatasi dalam memainkannya. Jangan sampai kamu lupa waktu karena keseringan bermain game. Ingat, yang diperbanyak adalah ibadah, bukan bermain game.
Orang tua juga patut untuk mendidik anak agar terhindar dari efek negatif bermain game. Sebaiknya bermain game dibatasi agar jadwal yang lainnya dapat diselesaikan. Khususnya PR anak sekolah.
Selain itu, kebanyakan bermain game juga berdampak terganggunya aktivitas. Hal itu disebabkan pada jadwal yang bertabrakan. Untuk itu perlu dikontrol dalam bermain game.

Related Posts

Posting Komentar