Begini Cara Hemat Kuota Internet

Posting Komentar
Hemat data internet via kompas.com

Zaman now, kuota internet menjadi kebutuhan yang bisa dibilang penting. Bagaimana tidak, kuota internet sudah berperan penting di dalamnya seperti sebagai medium komunikasi online, kepentingan akademik, maupun kepentingan lainnya. Siapa saja bisa menggunakan kuota internet. Kuota internet sekarang menjadi kebutuhan yang penting karena mengingat banyak akitifitas yang dilakukan melalui online.

Dulu, kuota internet masih jarang yang menggunakan. Hal tersebut dikarenakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram kurang begitu populer pada waktu itu. Namun kini penggunaan kuota internet berkembang pesat karena banyaknya pengguna media sosial dan kebutuhan lainnya yang menggunakan akses internet. Tidak bisa dipungkiri, masyarakat cenderung menggunakan kuota internet kapan saja. Tak heran jika mereka lebih banyak berada di depan HP.

Biasanya kebutuhan yang menggunkaan kuota internet meliputi penggunaan media sosial, baca berita online, bermain game online, dan yang tidak kalah penting yaitu dalam hal urusan akademik.

Sebelum saya menjelaskan cara menghemat kuota internet, kamu harus tahu dampak positif dan negatif dari penggunaan kuota internet.

Dampak Positif
1.  Terhubung dengan dunia maya
Tidak bisa dipungkiri bahwa kuota internet menjadi jembatan data untuk berselancar di dunia maya. Di dunia maya, kamu bisa melihat dunia luar yang belum kamu ketahui sebelumnya.

2.  Pengganti pulsa
Kuota internet bisa menjadi alternatif jika kamu sudah kehabisan pulsa. Bahkan kamu bisa melakukan hal yang lebih daripada hanya menggunakan pulsa.

3.  Mempermudah aktifitas dakwah
Bagi para da’i biasanya menggunakan media online untuk menyebarluaskan syiar-syiar Islam. Kemudahan teknologi sekarang ini membuat mereka lebih giat lagi untuk berdakwah.

Dampak Negatif
1.  Membuat kita lebih boros
Terkadang masyarakat keseringan membeli kuota internet jika sudah habis. Bahkan ada yang beli kuota setiap pekan. Hal ini tidak patut untuk kamu tiru.

2.  Melupakan aktifitas pokok
Selain hal di atas, penggunaan kuota internet yang berlebihan lebih membuat kamu cenderung berada di depan HP ketimbang melakukan rutinitas sehari-hari.

3.  Tidak bisa terhubung apabila data terputus
Hal ini yang paling menyebalkan bagi pengguna internet jika data terputus akibat habisnya kuota internet. Lain halnya dengan pulsa yang bisa digunakan walaupun sedang luring (luar jaringan/offline).

Nah, jika kamu ingin menghemat kuota internet, kamu bisa lakukan hal di bawah ini untuk meminimalisir terjadinya pemborosan.
Aktifkan fitur pembatasan data seluler
Cara ini paling efektif. Atur pembatasan penggunaan data seluler kamu di menu pengaturan. Biasanya menu tersebut terdapat pada HP Android.
Atur jadwal penggunaan HP
Ada baiknya jika kamu mencoba tips kedua ini. Cara ini juga tidak kalah efektif kok. Kamu bisa membuat HP mu menjadi offline lalu atur jadwal kapan kamu menggunakannya kembali. Bisa juga tulis jadwal penggunaan HP di selembar kertas lalu tempelkan di dinding kamar.
Ganti aktifitas main HP dengan yang lain
Kamu bisa melakukan aktifitas lain selain bermain dengan gawai. Jalan-jalan adalah solusi yang tepat untuk menggantikannya. Atau bisa juga lakukan aktifitas yang sesuai dengan keinginan kamu.
Kumpul bareng teman atau keluarga
Cara ini tidak juga cukup ampuh untuk menghemat kuota internet kamu. Kumpul bareng keluarga atau teman bisa membuat kamu lebih akrab dengan mereka. Hal ini bisa menjauhkan kamu dari istilah “mendekatkan yang jauh, tapi menjauhkan yang dekat.”
Baca novel
Tips ini juga menarik untuk dilakukan. Bacalah novel yang genrenya kamu sukai. Misal genre aksi, petualangan, atau roman. Membaca novel lebih efektif dibanding membaca melalui smartphone. Bahkan membaca bisa menghilangkan stres (baca juga: Budayakan Membaca Agar Tidak Mudah Stres).
Jika kamu sudah mengikuti tips di atas, insyaAllah kamu jauh lebih baik dibanding berhadapan dengan HP terus. Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang menurut kamu kurang berkenan, kamu bisa ungkapkan di kolom komentar di bawah. Selamat beraktifitas. Terima kasih. 

Related Posts

Posting Komentar