30 Januari 2018

Dari Kenal Laptop Hingga Punya Blog


Tidak terasa blog saya sudah mencapai 26 postingan. Itu semua karena minat untuk menjadi penulis blog (blogger). Semua orang pasti ada yang suka blogging, namun ada pula yang gemar dengan hal lain. Mungkin kamu suka menulis puisi, cerpen, atau bahkan novel. Nah, Postingan saya yang satu ini akan menceritakan seluk beluk saya sehingga mengenal sebuah blog. Kurang lebih ceritanya seperti berikut ini.


Jauh sebelum mengenal blog, banyak cerita dibaliknya. Mungkin dimulai dari sejak SD. Ketika itu mata pelajaran matematika sedang berlangsung—tentu saya tidak akan menceritakan apa yang diterangkan oleh guru saya. Sehabis pelajaran itu, guru tersebut bertanya kepada kami (baca: murid di kelas), “Setelah ini ibu akan menunjukkan sesuatu di ruangan saya,” kata sang guru sambil membereskan bukunya. Nah, sesampai di ruang tersebut, tampak sebuah komputer di atas meja guru tersebut. Lantas ia menggerakkan mouse (tetikus) ke sebuah ikon yang bentuknya seperti bola dan ada apinya (waktu itu saya belum mengenal Mozilla Firefox, hehe). Yap, muncul sebuah tulisan di layar komputer tersebut. Google. Itulah nama mesin pencari kelas dunia tersebut. Singkat cerita, guru saya menunjukkan cara menggunakannya dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menggunakannya. Waktu itu saya masih bingung melihat mesin pencari yang masih menggunakan bentuk huruf “g” yang lama tersebut.
Memasuki SMP. Ketika itu saya mendapat mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Guru memperkenalkan kami bagian-bagian yang ada pada komputer. Apa sampai di situ saya mengenalnya? Tidak. Guru kami memberikan tugas rumah, membuat sebuah tabel lalu menuliskan rumus di dalamnya. Itu awal saya mengenal program Microsoft Office Excel. Di saat itu pula saya mengenal Microsoft Office Word. Masih sebatas itu yang saya ketahui.
Waktu itu saya belum mempunyai laptop, jadi terpaksa saya meminjam laptop teman. Seringkali juga mengerjakan tugas di warnet bersama teman sebangku. Nah, ketika itu saya baru mengenal istilah Refresh, Shut Down, Restart, dan istilah-istilah lainnya. Waktu itu saya masih belum menghapal letak huruf-huruf keyboard. Yaa jadi begitulah. Newbie.
Setelah lulus SMP, saya melanjutkan pendidikan di SMK. Kenapa bukan SMA? Yaa itu kan pilihan saya, toh. Oke, lanjut. Singkat cerita, di kelas XI saya baru punya laptop. Benda yang sampai sekarang menemani saya mengetik tiap malam suntuk (Ah dasar tukang begadang). Waktu itu saya puas seharian bisa berada di depan laptop (hmm tidak seharian juga sih). Ketika itu saya mengutak-atiknya. Entah apa yang ku utak-atik. Maklum laptop baru.
Satu pekan pasca kelulusan, saya penasaran dengan satu hal. Bagaimana caranya orang bisa memasukkan tulisannya di mesin pencari seperti Google? Akhirnya saya membuat akun gmail pertama saya, zulfitrah98@gmail.com, dan sampai sekarang email tersebut masih aktif, namun sekarang jarang digunakan. Dari email tersebut, saya mendaftar di Blogger. Awal mengenal Blog, saya memosting postingan paling pertama, kumpulan soal prediksi UAS (hehe). Oh iya, nama blog pertama saya adalah “Blognya Zul”. Silakan dicari kalau mau.
Memasuki dunia perkuliahan, saya sudah bosan dengan blog lama dan memutuskan untuk membuat blog baru. Blog kedua tersebut saya beri nama “Bahasa dan Sastra Indonesia”. Isinya seputar kebahasaan dan kesusastraan. Di blog tersebut saya memosting tugas kuliah saya. Hmm, saya sontak kaget karena di grup kelas saya ada yang bilang di internet sudah menemukan jawaban dari tugas yang dimaksud tetapi nama pengirim yang tertulis di situ adalah Zul Fitrah (itu nama saya). Ternyata blog saya menduduki urutan pertama di Google. Namun lama-kelamaan saya meninggalkan blog tersebut (maklum saya suka bosan).


Memasuki semester 2, saya membuat blog baru lagi. Kali ini saya sudah berkomitmen untuk tidak meninggalkannya lagi. Blog baru ini saya beri nama “Tulisan Zul” (Blog saya sampai sekarang ini). Blog ini ketika itu masih dalam tahap pengembangan. Saya masih suka gonta-ganti templat blog. Sampai pada akhirnya saya menemukan templat yang cocok (templat yang kamu lihat sekarang ini adalah templat yang dimaksud).
Dua bulan kemudian pasca memiliki blog, saya mendaftarkan blog ini ke Google Adsense. Google Adsense adalah layanan iklan Google agar blog bisa berpenghasilan. Saya mencoba daftar, namun gagal. Akhirnya saya jarang memosting selama beberapa bulan.

Akan tetapi saat memasuki semester 3 saya mulai giat memosting berbagai tulisan, walaupun masih berwujud gado-gado (tema tulisan beragam). Singkat cerita selama libur kuliah pasca final semester 3, saya mencoba-coba untuk mendaftarkan ulang blog saya ke Google Adsense. Sampai pada tanggal 18 Januari 2018 permohonan saya diterima (diapprove) oleh pihak Adsense. Hingga sekarang saya memproduksi 27 tulisan (termasuk yang kamu baca sekarang).

1 comments

Begitupun perjalanan seorang blogger, bosan buat lagi, untungnya itu blog, coba aja anak, bosan buat lagi, penuh rumah hehe


EmoticonEmoticon