Budayakan Membaca Agar Tidak Mudah Stres

Posting Komentar
Sumber ilustrasi: Pexels.com
Membaca adalah aktivitas yang membosankan bagi sebagian orang. Menurutnya, membaca hanya membuat kantuk saja. Bahkan ada yang hanya menyimpan bukunya hingga berdebu. Tidak bisa dimungkiri bahwa hanya sedikit masyarakat di Indonesia yang gemar membaca. Bagaimana tidak, mereka lebih sering menemani smartphone nya ketimbang buku. Itulah sebabnya masyarakat Indonesia jarang ada yang membaca.
Membaca tidak hanya bisa bikin pintar dan berpengetahuan, namun juga bisa mencegah timbulnya stres. Hal tersebut karena membaca mampu mengatur aktivitas saraf di otak sehingga dapat berfungsi dengan optimal. Dilansir dari 1health.id, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris bahwa membaca dapat mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh stres sebesar 67% (persen).
Sangat disayangkan apabila banyak yang tidak gemar membaca, padahal manfaatnya begitu besar bagi kesehatan. Manfaatnya yang begitu besar diabaikan begitu saja sehingga tidak akan merasakannya. Perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku lebih sepi dibandingkan dengan mal yang begitu banyak dikunjungi.
Banyak orang yang malas membaca karena beberapa hal. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa seringkali ada yang malas membaca. Berikut di bawah ini faktor yang menyebabkan orang malas untuk membaca:
1.      Membaca itu membosankan
Bagi sebagian kalangan, membaca adalah sesuatu yang paling membosankan daripada yang lain. Mereka menganggap bahwa membaca hanya untuk orang-orang yang jenius saja. Tidak bisa dimungkiri, malas membaca bisa jadi membuat kita malas belajar.
2.      Tidak seru
Menurut mereka, membaca tidak seru untuk dibaca karena tidak disertai dengan audio dan visual. Tapi nyatanya sekarang media internet sudah menyediakan fasilitas musik dan visual bagi yang ingin membaca.
3.       Susah dipahami
Banyak yang bilang, membaca dapat membuat kepala pusing. Mereka berpendapat bahwa membaca berisi kata-kata yang sulit untuk dipahami sehingga menjadi gagal fokus. Mereka juga menganggap bahwa kalimat yang terdapat di buku sangat sulit untuk dicerna. 
4.      Membaca hanya untuk orang cupu/kutu buku
Cupu adalah istilah yang digunakan bagi orang yang dianggap sebagai kutu buku. Mereka menganggap bahwa membaca hanya diperuntukkan bagi orang yang kutu buku. Mereka malu ketika ia harus membawa buku ke mana-mana karena takut dibilang kutu buku oleh orang lain.
5.      Acuh tak acuh terhadap buku
Ini adalah alasan yang paling sering didapati bagi orang yang malas membaca. Mereka menganggap bahwa buku hanya menyusahkan hidup saja. Tidak bisa dimungkiri, buku dianggap sebagai sampah bagi beberapa kalangan. Bahkan ada rumah yang tidak memiliki buku sama sekali.

Nah, untuk menghindari stres, alangkah baiknya jika kamu membudayakan membaca. Bawalah buku kemana saja kamu pergi. Jika tidka punya, bisa juga menggunakan ebook yang ada di smartphone untuk dibaca diperjalanan. Jangan hanya sosmed saja yang dilihat, tapi buku juga harus dibaca agar kamu bisa lebih berwawasan luas dan berpengetahuan tinggi. Kamu juga tidak merasa bodoh jika membudayakan membaca buku.
Agar kamu tidak malas membaca, alangkah baiknya ikuti langkah di bawah ini:
1.      Anggap buku itu sebagai teman
Biasakan membawa buku di mana saja kamu pergi. Simpanlah buku di dalam tas jika kamu hendak berangkat menggunakan bus. Kamu bisa membacanya jika berada di dalamnya. Bawalah buku seolah-olah buku itu adalah teman hidupmu.
2.      Membaca kisah inspitatif
Dengan membaca kisah inspiratif, kamu akan lebih bersemangat dalam membaca dan mencontohi apa yang ada di dalam buku tersebut. Kamu juga tidak akan bosan jika membaca buku jenis ini.
3.      Membaca kisah lucu
Kisah lucu juga sangat menarik untuk dibaca. Cobalah beli buku yang bergenre komedi seperti novel karya Raditya Dika. Kamu juga tidak akan merasa bosan jika membaca buku yang bergenre komedi dan tertawa terpinkal-pinkal. Kamu akan lebih bergairah dengan buku jenis ini.
4.      Membiasakan diri untuk membaca minimal satu buku dalam sehari
Cobalah untuk membaca buku paling sedikit satu buku dalam sehari. Dengan begitu, kamu akan lebih dekat dengan buku dan tidak akan malas membaca lagi. 
5.      Rutin mengunjungi perpustakaan
Anggaplah perpustakaan adalah mal bagi kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih giat lagi datang ke perpustakaan. Jika telah sampai di perpustakaan, jangan Cuma melihat raknya saja, cobalah untuk mengambil satu atau beberapa buku yang menarik untuk dibaca.
6.      Menatap buku yang menarik untuk dilihat
Jangan anggap remeh tips ini, dengan melihat buku dari segi sampulnya, kamu akan jatuh cinta dengan buku tersebut. Setelah melihatnya, peganglah dan anggap buku itu adalah jodohmu.
7.      Selalu membawa buku di mana pun kamu berada
      Saat buku selalu bersamamu, kamu pasti selalu ingin membukanya dan penasaran untuk dibaca.

Related Posts

Posting Komentar